Wednesday, May 23, 2018

Manfaat OHSAS 18001 Bagi Perusahaan

Manfaat OHSAS 18001 Bagi Perusahaan

Manfaat OHSAS 18001 Bagi Organisasi

Kiwod NgeblogOHSAS 18001 adalah standar internasional yang meliputi struktur organisasi, kegiatan perencanaan, tanggung jawab, prosedur, proses, dan sumber daya untuk mengelola keselamatan dan kesehatan kerja. OHSAS 18001 sudah menjadi acuan organisasi dalam memberikan pelayanan terhadap keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi pekerja dengan cara yang lebih efektif.

Pemerintah Indonesia telah mewajibkan ke semua organisasi dan perusahaan yang ada di indonesia agar bisa memberikan perlindungan kepada setiap karyawan dari berbagai hal yang membahayakan pekerjanya dari kecelakaan kerja juga dari dampak kesehatan yang diakibatkan dari kecelekaan kerja itu sendiri. 
Saat ini sudah banyak sistem keselamatan kerja yang telah di impelementasikan oleh berbagai perusahaan di indonesia untuk memberikan perlindungan kepada para pekerjanya dari akibat kecelakaan kerja dan kesehatan kerja. 

Di dalam OHSAS 18001 mempunyai kesamaan tujuan dengan SMK3. yaitu bertujuan menciptakan situasi dan kondisi keselamatan dan kesehatan kerja serta mencegah terjadinya kecelakaan akibat kerja. Jika disuatu perusahaan tidak menerapkan K3 maka akan mengakibatkan kerugian kecil maupun besar baik itu kerugian secara materi dan non materi, salah satu contoh kerugian non materi adalah mendapatkan citra yang buruk terhadap perusahaan di mata masyarakat dan karyawan di perusahaan tersebut.

Baca Juga : Memilih Lembaga Sertifikasi ISO

Manfaat OHSAS 18001 diantaranya adalah

Membuat Sistem Manajemen Menjadi Efektif
Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja tidak jauh beda dengan ISO dimana semua tindakan terdokumentasi dengan baik, dengan adanya dokumen yang lengkap memudahkan melakukan tindakan perbaikan jika ada alur kerja yang tidak sesuai.

Mematuhi Peraturan Pemerintah
Dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja maka perusahaan telah mematuhi peraturan pemerintah . Perusahaan yang tidak melaksanakan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja akan diberikan sangsi oleh pemerintah karena dianggap lalai dalam melindungi pekerja.

Melindungi pekerja
Tujuan utama penerapan SMK3 adalah melindungi pekerja dari segala macam bahaya kerja dan juga yang bisa menganggu kesehatan saat kerja. Dengan melindungi pekerja dengan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja maka perusahaan otomatis akan untung karena meningkatkan produktivitas pekerja

Meningkatkan kepercayaan konsumen
Dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja secara otomatis akan membuat kepercayaan konsumen. Ketika perusahaan sudah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam memproduksi suatu produk, konsumen bisa meyakini prosedur telah bagus dan produksi bisa kontinu. Dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja akan dapat menjamin proses yang aman, tertib dan bersih sehingga bisa meningkatkan kualitas dan mengurangi produk cacat.

Sumber : https://badansertifikasiiso.blogspot.com

About Author

Sabrina Maryam
Sabrina Maryam

Author & Editor

Im pretty.

0 comments:

Post a Comment