Friday, May 18, 2018

Lembaga Sertifikasi ISO

Lembaga Sertifikasi ISO

Badan Sertifikasi ISO

Sebagai salah satu Badan Sertifikasi ISO kami adalah perusahaan yang memiliki wewenang menerbitkan Sertifikat ISO untuk berbagai macam sektor bisnis. Beberapa diantaranya adalah Sertifikat ISO HACCP, Sertifikat ISO 22000, Sertifikat HACCP, Sertifikat GMP, Sertifikat ISO 9001, Sertifikat ISO 14001, Sertifikat OHSAS 18001, Sertifikat ISO 27001 dan lain sebagainya. Sebagai salah satu Lembaga Sertifikasi ISO yang telah ada di indonesia. Banyak pertanyaan yang disampaikan oleh klien ke kami bagaimana memilih Lembaga Sertifikasi ISO karena saat ini sangat banyak Lembaga Sertifikasi ISO yang ada di indonesia. 

Apa itu Badan Sertifikasi ISO
Lembaga Sertifikasi ISO adalah badan usaha mengeluarkan sertifikat ISO dengan ketentuan yang telah dibuat oleh International Organization of Standarization (IOS) yang berkedudukan di Genewa, Swiss. Lembaga sertifikasi membeli lisensi dari badan akreditasi untuk menerbitkan sertifikat ISO. Setiap negara di dunia yang tergabung dalam IOS memiliki hak untuk mengontrol pengeluaran Sertifikat ISO melalui suatu badan nasional yang memiliki kewenangan mengurusi masalah sertifikasi dan akreditasi.

Asal Lembaga Sertifikasi ISO itu dariman
Kebanyakan Lembaga sertifikasi ISO di Indonesia berasal dari luar negeri salah satunya adalah seperti TUV, SGS, SAI Global dan masih banyak lagi termasuk IAS Indonesia yang berasal dari luar negeri. 

Baca Juga : Proses Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001

Bagaimana memilih Lembaga Sertifikasi ISO
Memilih Lembaga sertifikasi ISO sama seperti dengan kita memilih universitas atau perguruan tinggi di indonesia. Lalu kenapa begitu banyak alasan dari orang - orang berebut ingin memasuki atau di terima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama seperti Universitas Indonesia, Institur Teknologi Bandung, dan Universitas Gajah Mada? apa ijazah yang yang telah dikeluarkan selain 3 Universitas Negeri atau Perguruan Tinggi Negeri Terbaik dan terfavorit tersebut ini tidak diakui sama sekali juga tidak diterima diperusahaan lain, Tentu jawabannya tidak karena ijazah dari perguruan tinggi mana pun di akui dan di terima selama perguruan tinggi tersebut sah secara hukum apalagi mendapatkan grade A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Yang membedakan adalah soal gengsi dan nama baik. Mungkin perusahaan manapun yang ada di negeri kita Indonesia ini bahkan luar negeri sekalipun tahu betul bagaimana reputasi ketiga Universitas Negeri atau Perguruan Tinggi Negeri Favorit tersebut sehingga banyak perusahaan yang tidak lagi meragukan kualitas lulusan dari Universitas Negeri yang ada di indonesia. Kira kira Seperti itulah contoh atau perumpamaannya dalam memilih Lembaga Sertifikasi ISO di Indonesia. 
Sebagaimana Universitas Negeri atau Perguruan Tinggi Negeri Favorit, Lembaga Sertifikasi ISO pun memiliki beberapa tingkatan atau level. Ada yang telah di kenal reputasinya secara internasional ada pula yang baru dikenal dalam lingkup nasional. 

Proses Lembaga Sertifikasi ISO sebelum menerbitkan sertifikat ISO
Setelah badan usaha atau perusahaan anda telah memenuhi semua persyaratan dalam mendapatkan Sertifikasi ISO Anda di perbolehkan mengajukan ke Certification Body (Lembaga Sertifikasi) yang anda pilih untuk melakukan proses audit sertifikasi. Lembaga sertifikasi ISO akan melakukan audit ke perusahaan anda terkait kesesuaian perusahaan anda terhadap persyaratan Sistem yang di ajukan. Proses Audit terdiri dari 2 stage. Bila saat diaudit ditemukan temuan yang bersifat fatal (majour), maka perusahaan anda gagal mendapatkan sertifikasi. 
Bila gagal, maka anda akan diminta kembali mengajukan permohonan audit sertifikasi. Lalu anda akan dikenakan biaya lagi untuk proses audit ulang. Jadi, pastikan anda lolos dalam proses audit, bila di perlukan perusahaan Anda bisa menggandeng konsultan ISO yang dapat membantu perusahaan anda memperoleh sertifikasi ISO.

About Author

Sabrina Maryam
Sabrina Maryam

Author & Editor

Im pretty.

0 comments:

Post a Comment